Family Guide Indonesia

Merawat Anak yang Terkena Cacar Air

Health - 20 Jan 2020

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan salah satu dari virus herpes. Cacar menyebabkan ruam yang khas dan gejala seperti flu ringan. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak. Nah bagi yang terkena cacar air biasanya membutuhkan kurun waktu antara 10 sampai 21 hari untuk sembuh dari penyakit ini. Oleh sebab itu, hindarkan anak penderita cacar dengan anak yang belum terkena cacar. Hal yang harus dilakukan adalah membawanya ke klinik atau ke dokter, agar bisa diketahui jenis cacar tersebut.

Berikut cara yang anda dapat lakukan bila anak terkena cacar :

1. Kita dapat memberikan anak obat pereda nyeri dan penurun suhu badan, seperti parasetamol. Namun hal ini tetap harus ditanyakan pada dokter tentang dosis yang akan diberikan, karena ada juga yang alergi terhadap parasetamol. 

2. Berikan anak anda cairan untuk menghindari dehidarasi yang berlebih. Bila masih bayi berikan ASI agar asupan gizi bayi tetap terjaga.

3. Berikan bedak atau obat pereda gatal. Selain itu perhatikan kuku anak yang panjang, agar dia tidak menggaruk kulitnya, terutama bagian wajah. Hal ini juga untuk menghindari infeksi pada kulit.

4. Gunakan pakaian yang bersih dan longgar agar si anak tidak cepat berkeringat.

(red)

foto: kidsclinic.sg