Manfaat ‘Ajaib’ Telur Puyuh untuk Si Kecil

Health - 06 Jun 2019

Telur puyuh merupakan makanan alternatif sehat bagi anak-anak yang alergi terhadap telur ayam. Menurut laman parentinghealthybabies.com, telur puyuh memiliki manfaat kesehatan untuk anak-anak antara lain sebagai obat batuk dan asma, kaya vitamin dan mineral, membantu pembentukan sel darah baru, mengurangi risiko terkena penyakit terminal,  serta meningkatkan kekebalan tubuh dan daya ingat. 

Telur puyuh dianggap sebagai makanan ajaib bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dari segala usia. Tidak seperti telur ayam biasa, telur puyuh menunjukkan risiko rendah berkaitan dengan alergi.

 Saat buah hati Anda mengonsumsi makanan padat (usia 9 bulan), Anda bisa mengenalkan telur puyuh. Berikan kuning telurnya saja. Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun, Anda bisa menawarkan 1 telur puyuh utuh per hari (kuning dan putih telur).  Anak usia 3 hingga 7 tahun, bisa mengonsumsi 2-3 butir telur puyuh per hari. Untuk anak-anak di atas 7 tahun, berikan sekitar 3-5 butir telur puyuh per hari.

Manfaat kesehatan untuk anak-anak

Karena mengandung nutrisi penting, telur puyuh memberikan banyak manfaat kesehatan bagi anak Anda, seperti:

1. Meningkatkan imunitas dan memori

Telur puyuh bermanfaat menumbuhkan sistem pertahanan dan imunitas yang kuat, meningkatkan kadar hemoglobin dan juga membantu tubuh anak menyingkirkan racun dan senyawa logam lainnya. Telur puyuh juga menjaga ginjal anak, hati dan kantong empedu. Telur puyuh juga dikenal bisa meningkatkan aktivitas otak dan meningkatkan ingatan. 

2. Kaya vitamin dan mineral

Salah satu alasan utama mengapa dokter anak di seluruh dunia menyarankan orang tua untuk memberikan telur puyuh adalah karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Telur puyuh juga kaya vitamin B1 yang sangat penting untuk perkembangan awal anak. Kandungan vitamin B1 pada telur puyuh lebih banyak jumlahnya daripada jumlah vitamin B1 yang terdapat pada telur ayam.

3. Menyembuhkan Batuk dan Asma:

Telur puyuh mengandung nutrisi vital yang akan membantu anak Anda mengatasi masalah batuk dan asma yang berulang. Juga kandungan protein tinggi membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda. 

4. Meningkatkan pembentukan sel darah merah

Telur puyuh meningkatkan pembentukan sel darah merah pada anak Anda. Kandungan kalium di dalam telur puyuh dapat membantu pertumbuhan tulang, gigi dan kuku yang sehat. 

5. Mengurangi risiko terkena penyakit terminal

Telur puyuh dapat mengurangi potensi terjadinya penyakit terminal seperti penyakit jantung, arthritis bahkan kanker pada anak.

6. Pengganti telur ayam

Jika anak Anda termasuk yang alergi terhadap telur ayam, berikan telur puyuh sebagai alternatif yang lebih sehat. Telur puyuh mengandung protein yang disebut ovomucoid yang biasa dipakai untuk produksi obat antialergi. (red)

Foto: brighthealing.com