Makanan Pemicu Sembelit

Health - 07 Jul 2019

Sembelit atau konstipasi merupakan masalah umum pada balita yang sangat tidak nyaman dan menyakitkan. Ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa memicu sembelit pada si buah hati.

1. Susu dan produk olahannya

Susu memang bernutrisi dan digemari anak. Namun, susu merupakan salah satu penyebab sembelit pada balita. Kandungan lemak jenuh dan komponen serat yang hampir tidak ada, menjadi alasan susu masuk dalam kategori makanan pemicu sembelit. Saat sembelit, jauhkan anak dari susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju. Bila kondisi mulai membaik, baru boleh mengonsumsinya sedikit demi sedikit.

2. Nasi putih

Nasi putih berguna untuk menambah energi, tapi bila dikonsumsi terlalu banyak, bisa menyebabkan sembelit. Penyebabnya adalah kandungan serat dalam nasi putih jumlahnya sedikit. Ganti dengan nasi merah yang kaya serat.

3. Pisang

Pisang termasuk dalam pola makan BRAT (banana, rice, apple, toast) yang direkomendasikan untuk mengatasi diare pada anak dan orang dewasa. Pisang akan membuat tinja lebih keras, sehingga bisa memicu sembelit.  (red)