Kulit Tangan Sehat dan Awet Muda

Health - 08 Sep 2019

Kita mungkin punya produk perawatan dan anti-penuaan untuk wajah, tapi bagaimana dengan tangan? Seperti wajah, kulit tangan juga rentan terhadap sinar matahari dan produk yang merusak lingkungan seperti sabun dan deterjen. 

Karena kita menggunakan tangan untuk melakukan hampir segala sesuatu, maka tangan menjadi lebih cepat menua ketimbang wajah. Apalagi ibu rumah tangga yang bergelut dengan pekerjaan rumah, tangan pastilah sering terpapar air, sabun, deterjen dan sebagainya.

Berikut adalah masalah yang sering dijumpai berkaitan dengan tangan, dan cara mengatasinya:


Masalah: Tangan sering terkena air hampir sepanjang hari yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan keriput. 

Cara mengatasi:  Olesi tangan dengan pelembap setiap selesai terkena air. Sebaiknya gunakan krim pelembap, bukan sekadar lotion. Perlakukan tangan seperti kita memperlakukan wajah, misalnya, mengoleskan pelembap yang mengandung tabir surya di pagi hari, dan pelembap yang mengandung retinol atau tretinoin di malam hari. 


Masalah:  Tangan terpapar sinar matahari, membuat kulit tangan menjadi tipis. Sinar matahari menyebabkan noda atau bintik-bintik coklat di tangan. Paparan sinar matahari juga mengurangi ketebalan kulit, kolagen dan elastisitas kulit. 

Cara mengatasi: Gunakan selalu sunscreen. Saat mengemudi, tangan kita banyak terpapar sinar matahari, karena sinar matahari menembus kaca jendela mobil. Ada baiknya gunakan sarung tangan saat berkendara. 


Masalah: Urat terlihat menonjol karena tangan kehilangan kolagen dan lemak.

Cara mengatasi: Anda bisa menggunakan pengisi kerut seperti Juvederm atau Restylane untuk mengembalikan volume di punggung tangan dan menyamarkan pembuluh darah yang menonjol. (red)