Kondisi Telinga Mengungkap Kesehatan Anda

Health - 19 Jun 2017

Mungkin Anda pernah mengalami telinga terasa sakit, berdenging atau gatal. Atau mungkin bentuk telinga  Ada terlihat sedikit berbeda. Boleh jadi kondisi tersebut menjadi pertanda sesuatu dari kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Yuk, cari tahu lebih jauh mengenai kondisi telinga yang berkaitan dengan kesehatan Anda: 

1. Earlobe crease

Atau disebut juga dengan Tanda Frank, yakni sebuah lipatan cuping telinga diagonal memanjang dari tragus ke dasar cuping telinga dalam sudut 45 derajat. Tanda Frank memiliki hubungan dengan penyakit kardiovaskular, penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

2. Low-set ears (daun telinga yang letaknya rendah)

Dua kondisi umum yang terkait dengan low-set ears atau daun telinga yang letaknya rendah adalah down syndrome dan sindrom Turner. Keduanya disebabkan oleh kelainan kromosom. Down syndrome dan sindrom Turner menyebabkan gangguan telinga dan masalah pertumbuhan anak. 

3. Missing External Ear

Ini menjadi tanda anotia, yakni ketiadaan telinga luar. Anotia adalah kondisi yang dibawa sejak lahir  dimana pada bayi tidak terbentuk telinga luar sama sekali. Penyebab pasti belum diketahui, namun faktor lingkungan dan konsumsi obat-obatan tertentu selama kehamilan bisa jadi berperan. Dalam kebanyakan kasus, dokter bisa membentuk telinga luar dengan operasi plastik.

4. Telinga berdenging (tinnitus)

Tinnitus adalah gangguan pendengaran yang ditandai dengan terdengarnya suara-suara abnormal (suara berdengung, siulan atau bising mesin) di dalam telinga atau di dalam kepala yang tidak dihasilkan oleh sumber dari luar. Tinnitus bukan penyakit namun merupakan tanda dari suatu penyakit atau gangguan medis yang cukup serius, seperti bergesernya tulang pada telinga akibat benturan pada kepala atau leher yang berdampak pada telinga.  Penyakit lain yang terkait dengan tinnitus adalah tumor pada otak atau nasofaring, tuli saraf, kelainan pada tuba eustachius, darah tinggi, anemia, gangguan endokrin, penyakit autoimun seperti penyakit Lupus eritematous.

5. Telinga gatal

Infeksi jamur atau iritasi telinga lainnya sering menyebabkan hal ini.  Penyebab lainnya adalah psioriasis, yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat (autoimun).

6. Sakit  atau nyeri telinga

Ini bisa menjadi tanda infeksi telinga, infeksi tenggorokan, penumpukan cairan atau kotoran telinga atau gigi yang tidak rata. Jika sakit telinga tidak membaik dalam satu hari atau sakit telinga disertai demam, muntah, sakit tenggorokan, atau bengkak di sekitar telinga, segera kunjungi dokter Anda. (YU)

Foto: medicinenet.com