Keluhan Sakit Ini Sebaiknya Tidak Diabaikan

Health - 10 Jun 2019

Apa alasan yang tepat kita datang ke dokter? Hal ini mungkin dilakukan bila kita sudah telanjur terkena penyakit yang parah. Namun tidak semuanya harus menunggu “parah”, melainkan harus diambil tindakan sedini mungkin.

Mungkin kita sering mengabaikan keluhan sakit di tubuh dengan berbagai alasan. “Ah, hanya pusing, tidur saja nanti juga sembuh”, atau “terlalu mahal ke dokter, dikerok saja kalau masuk angin dan demam. “Namun hal ini akan menjadi berbeda ketika penyakit “kecil” yang kita alami semakin mengganas atau dengan kata lain semakin parah. Menurut dokter Houman Danesh, spesialis dari Mt. Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat, menjelaskan bagaimana mengenali rasa sakit itu dan jangan sekali-kali menyepelekan penyakit “sekecil” apapun. Bila merasakan nyeri, sebaiknya segera diambil tindakan. Berikut beberapa penyakit yang dianggap biasa, namun bila tidak ditangani, hal ini akan membuat kita dan buah hati kita menderita:

Sakit Perut
Sebaiknya kita mulai waspada jika mengalami sakit perut, terutama di bagian tengah dan secara bertahap sakitnya dapat bergerak ke arah kanan. Kalau kita mengalami hal ini, berarti kita terkena gejala usus buntu. Penyakit usus buntu harus segera ditangani, karena bila pecah, maka bakteri yang ke luar bisa masuk ke aliran darah dan menginfeksi tubuh. Umumnya usus buntu juga bisa menyerang anak-anak dan umur yang rentan terkena penyakit ini umur 8-25 tahun.
 
Sakit Gigi
Sebagian besar orang Indonesia kurang sadar akan kebersihan mulut dan gigi sejak kecil. Bila gigi meradang, jangan dibiarkan, karena bisa mengganggu syaraf. Artinya jika seseorang pernah mengalami sakit gigi, tetapi penyebab penyakitnya belum teratasi, maka kemungkinan besar sakit giginya akan muncul lagi. Jadi bila sakit berlanjut segeralah ke dokter gigi untuk mendapat solusi.

Nyeri Punggung
Bila kita merasakan nyeri dibagian punggung, diikuti demam dan mual, ini bisa jadi ginjal kita sedang bermasalah. Kondisinya medisnya adalah bakteri menyusup kesaluran kemih lalu ke ginjal. Apabila hal ini dibiarkan, bisa menimbulkan infeksi yang parah dan mengakibatkan kematian. Selain itu, jangan membiasakan diri minum antibiotik untuk mengatasinya, melainkan segera ke dokter. Satu lagi, ginjal juga bisa menyerang anak-anak. Pada anak-anak biasanya pertumbuhan mereka terganggu, sering mual, muntah dan juga mengalami sakit dipunggung.

Nyeri Betis
Rasa sakit di bagian kaki sebaiknya jangan disepelekan, apalagi kalau sampai muncul memar dan terasa hangat saat disentuh. Sebab itu bisa jadi pertanda Deep Vein Thrombosis (DVT), yakni darah yang menggumpal pada pembuluh vena. Jika sakit dibiarkan, gumpalan darah bisa bertambah besar dan pecah. Efeknya bisa menghentikan aliran darah dan risiko terserang stroke lebih besar. Namun bedanya stroke pada anak-anak biasanya dipengaruhi oleh kelainan kogenital (bawaan) sehingga pembuluh darah rapuh dan mudah pecah.
 
Nyeri Tulang Belikat
Orang yang mengalami serangan jantung, biasanya ditandai dengan nyeri di antara tulang belikat. Rasa sakit ini biasanya diikuti nyeri rahang, sesak napas dan mual. Jika merasakan sakit ini, jangan sepelekan dan segera ambil tindakan.
 
Sakit Kepala
Kita sering sekali menganggap kalau sakit kepala adalah penyakit yang sepele. Padahal sakit kepala yang datang tiba-tiba bisa jadi merupakan gejala aneurisma, yakni kelainan pembuluh darah otak yang muncul akibat penipisan dan degenerasi dinding pembuluh darah arteri. Biasanya sakit kepala diikuti rasa mual dan kita jadi lebih sensitif terhadap suara dan cahaya. Bila tidak segera ditangani, hal ini bisa menimbulkan kematian.

Petolongan Pertama

Jangan Meremehkan
Jangan menganggap remeh yang namanya sakit kepala, apalagi sampai mengalami demam. Sebelum didiagnosa dokter, sebaiknya hindari penggunaan “obat warung”. Karena bila terjadi hal ini, kemungkinan Anda bukan hanya pusing, tetapi terkena sakit kepala sinus atau bisa juga mengalami pendarahan otak ringan.

Kurang Menyadari
Salah satu bahaya yang kadang kurang disadari masyarakat kita adalah Deep Vein Thrombosis (DVT), yaitu darah beku yang terdapat pada pembuluh darah betis. Jika bekuan darah tersebut terlepas dan terbawa menuju paru, maka bisa berujung pada kematian.  

Jangan Tunggu Parah
Kebanyakan masyarakat Indonesia belum paham benar tentang kesehatan. Contohnya saja bila terkena sakit gigi. Terkadang banyak orang yang hanya membeli obat penghilang nyeri gigi, tanpa pergi ke dokter untuk menghilangkan akar masalahnya.

Jangan Panik
Untuk anak-anak bayi atau balita yang mengalami gejala-gejala di atas, sebagai orangtua sebaiknya jangan panik. Kalau memang mengalami kondisi gawat darurat, ia harus segera dibawa ke dokter atau rumah sakit. Tanda-tanda gawat darurat pada anak di antaranya anak rewel atau menangis terus menerus, kesadaran diri turun, lemas, sulit dibangunkan, kejang atau kaku, sakit kepala yang hebat, gangguan nafas dan demam yang tinggi.  (DL)