Duh Tangan Adik Bayi Sering Masuk Mulut

Health - 25 Sep 2019

Apakah buah hati Anda suka memasukkan jari atau benda lainnya ke dalam mulut? Bila hal ini terjadi, tak perlu melarangnya, karena justru bisa menghambat perkembangan psikologi si kecil.

Demikian disampaikan dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH. Tahapan yang disebut fase oral ini biasanya berlangsung sejak usia 3 bulan hingga 5 tahun.

Di tahap ini, sangat wajar jika anak Anda sering memasukkan jari, mainan, atau benda lainnya ke dalam mulutnya. Jangan buru-buru menarik tangan si Kecil dari mulutnya. Inilah tahap pematangan fungsi-fungsi organ oromotor atau motorik mulut, yang kelak berguna untuk makan, berbicara, dan segala hal yang berhubungan dengan mulut.

Anda hanya perlu memperhatikan kebersihan tangan dan benda-benda yang akan dimasukkan ke mulut anak. Gunakan tisu basah yang aman (food grade) untuk membersihkan tangan dan mainannya. Pastikan juga tidak ada benda tajam yang dapat melukai si kecil. Bila si Kecil sudah berusia 2 tahun, Anda boleh memulai usaha umtuk menghentikan kebiasaan ini, misal dengan mengalihkan perhatiannya dengan memberinya finger food. (red)