Bayi Sering Buang Angin, Normal Kah?

Health - 02 Nov 2018

Buang angin adalah proses alami dalam tubuh kita dan ini juga dialami sejak kita bayi. Bila sesekali mengeluarkan gas memang tidak apa-apa, namun bagaimana jika ini terlalu sering? Apakah ini terjadi gangguan pada tubuhnya? Bayi dalam kondisi normal akan membuang angin sekitar 3 sampai 4 kali, bila lebih, itu berarti produksi gas dalam tubu bayi anda berlebih.  Hal ini dikarenakan didalam usus besar terdapat mikroorganisme yang memiliki fungsi melakukan fermentasi zat makanan yang tidak dapat diserap usus halus dan salah satunya adalah gas.

Gas yang berlebihan ini dapat disebabkan karena bayi menelan udara berlebihan saat dia diberi ASI.  Ketika bayi mendapatkan ASI, kandungan laktosa atau karbohidrat akan mempengaruhi pencernaan sehingga bayi yang berumur dibawah 4 bulan belum sempurna mencerna laktosa yang berakibat turun ke usus besar dan mikroorganisme melakukan fermentasi didalamnya. Mungkin anda menganggap biasa buang angin ini, namun ini membuat si bayi merasa tidak nyaman.

Cara mengatasinya adalah :
1.    Tepuklah punggung bayi beberapa kali, namun jangan terlalu keras. Ulangi kembali dengan jarak 3 sampai 5 menit, karena hal ini membuat bayi mengurangi akumulasi gas di saluran pencernaan.
2.    Pemberian susu melalui botol seringkali memicu produksi gas, jadi lebih aman melalui ASI.
3.    Pakailah minyak telon untuk membuat perutnya nyaman. Gunakan pada sekitar perut secara merata. (red)