5 Alasan Mengapa Sebaiknya Menyusui Payudara Kanan dan Kiri

Health - 28 May 2019

Sebaiknya menawarkan kedua payudara atau hanya sebelah saja saat menyusui Si Kecil? Sebenarnya, tidak ada benar atau salah ketika membahas tentang hal ini. Yang penting cara tersebut berhasil untuk ibu dan bayi. Tentu saja ada saat-saat dimana menyusui dengan satu payudara adalah pilihan yang lebih baik (atau hanya itu pilihannya), namun ada banyak alasan mengapa ibu harus menyusui dengan payudara kanan dan kiri.

Berikut 5 alasan untuk menyusui anak dengan kedua payudara setiap kali sesi menyusui:

1.    Anda butuh membangun pasokan ASI yang baik: Ketika Anda pertama kali memiliki bayi, menyusui dari kedua payudara pada setiap sesi menyusui sangat dianjurkan. Dengan menyusui dari payudara kanan dan kiri setiap 2 hingga 3 jam, Anda akan merangsang pasokan ASI yang sehat.

2.    Anda ingin mencoba switch nursing: Jika Anda menghadapi pasokan ASI yang rendah, Anda bisa mencoba metode switch nursing. Dengan teknik ini Anda mulai menyusui pada satu payudara. maka ketika bayi berhenti menyusu, Anda menawarkan payudara lainnya. Setiap kali bayi Anda berhenti menyusu, Anda tawarkan payudara yang lain.. Menyusui bolak-balik bergantian bermanfaat pada beberapa hari pertama postpartum (masa sesudah persalinan dan kelahiran bayi) saat Anda sedang membangun pasokan ASI, atau ketika Si Kecil mengalami percepatan pertumbuhan atau growth spurt.

3.    Bayi Anda mengantuk: Jika bayi mengantuk, mungkin akan lebih membantu menawarkan kedua payudara setiap kali menyusui.Jika Si Kecil tertidur saat menyusui, angkat dan buat ia bersendawa lebih dulu. Kemudian pindahkan bayi ke sisi lain payudara Anda untuk melanjutkan proses menyusui.

4.    Payudara Anda membesar: Selama beberapa minggu pertama menyusui, payudara Anda bisa membesar karena pasokan ASI menyesuaikan kebutuhan bayi. Jika Anda hanya menyusui dengan satu sisi pada setiap kali menyusui, Anda mungkin merasakan sakit akibat pembengkakan sisi payudara lain yang belum diisap bayi. Jika Anda menyusui dengan kedua payudara setiap kali sesi menyusui maka payudara Anda akan kosong setiap 2 hingga 3 jam, sehingga mengurangi pembengkakan.

5.    Kenaikan  berat badan bayi lambat: Jika Si Kecil mengalami kenaikan berat badan yang lambat dan hanya menyusu dari satu payudara saja setiap sesi menyusui, Anda mungkin harus menyusuinya dengan dua payudara. ASI yang diberikan pada bayi dengan dua payudara akan lebih optimal karena jumlah produksi ASI yang dihasilkan akan lebih banyak dibandingkan dengan yang hanya satu payudara. (red)