Siapkan Dana Sambut Si Kecil

Finance - 10 Jan 2019


Begitu mendengar kabar Anda tengah berbadan dua, tentu kebahagiaan besar yang Anda dan pasangan rasakan. Di balik suka cita tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan dana menyongsong kehadiran bayi mungil Anda. Karena, sebuah persalinan meskipun bisa dilakukan secara normal akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Persiapkan dana sangat penting dilakukan sejak awal.


Menabung dan Investasi

Idealnya menyiapkan dana kelahiran sejak dua atau tiga tahun sebelum mempersiapkan kehamilan. Namun, bila itu tidak sempat Anda lakukan, jangan khawatir. Anda masih memiliki jarak beberapa bulan untuk mempersiapkan dana. Begitu mengetahui Anda hamil, langsung siapkan dana atau tabungan khusus. Selain menabung, Anda juga bisa melakukan investasi, seperti reksadana. Disamping menabung, ada baiknya juga Anda mulai mengevaluasi gaya hidup. Jika berhemat, dari pos ini Anda akan mendapat sisa uang yang bisa ditambahkan ke dalam tabungan atau dialihkan untuk membayar biaya kehamilan setiap bulan, seperti biaya kontrol ke dokter, mencicil keperluan bayi dan sebagainya.  


Tentukan Dimana Akan Melahirkan dan Cek Biaya

Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui perkiraan biaya persalinan. Pilihan tempat melahirkan biasanya ada beberapa, seperti di bidan,  di RS Umum atau Klinik Khusus Bersalin. Tanyakan pada bagian informasi mengenai daftar biaya persalinan sesuai dengan ruangan yang diinginkan. Meski Anda bermaksud untuk melahirkan secara normal, tetapi ada baiknya menyiapkan dana untuk persalinan caesar. Bila tidak memiliki kendaraan pribadi, siapkan dana untuk  transportasi pada saat persalinan (apakah sewa mobil, taksi, atau ambulans). 


Belanja Perlengkapan Bayi 

Pada saat belanja keperluan bayi, Anda mungkin tergoda membeli banyak benda yang lucu dan indah untuk bayi Anda. Dan bisa jadi benda tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Cobalah batasi diri dengan  hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan atau kebutuhan dasar saja. 


Asuransi

Penting untuk Anda dan pasangan memiliki asuransi. Terlebih jika hanya salah satu dari Anda yang mencari nafkah. Manfaat asuransi dapat digunakan untuk membayar pengeluaran keluarga akibat meninggalnya si pencari nafkah serta bisa mengganti pembayaran biaya persalinan dan segala macam pengeluaran untuk keperluan bayi Anda nanti.