Gaya hidup yang kita jalani ternyata berdampak langsung pada aspek kesehatan dan finansial. Yang pasti, menjalani gaya hidup sehat bisa membuat keuangan kita ikut sehat pula lho!

Pesan utama yang sering didengungkan oleh para praktisi kesehatan sangatlah sederhana: menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting! Meski begitu, menjalani gaya hidup yang sehat tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi percayalah, jika sekarang Anda berinvestasi dengan cerdas untuk kesehatan Anda dan keluarga, maka akan berdampak baik pada finansial Anda di kemudian hari. Selain itu, pilihan gaya hidup sehat juga bisa disesuaikan dengan anggaran keuangan keluarga Anda, seperti beberapa tips berikut ini:

1. Makanan Sehat Tak Harus Mahal 

Banyak orang beranggapan makanan sehat lebih mahal dibanding makanan yang biasa. Padahal kita bisa mendapatkan makanan sehat dengan murah atau sesuai dengan anggaran keuangan. 

Caranya:

- Masak sendiri di rumah. Tidak hanya akan memangkas biaya, memasak sendiri juga membuat kita yakin kalau bahan-bahan makanan tersebut aman, tanpa tambahan zat kimia lainnya. 

- Belanja bahan makanan di pasar tradisional. Dibandingkan dengan supermarket, harga bahan makanan di pasar biasanya jauh lebih murah. Tak perlu belanja setiap hari. Anda bisa stok bahan makanan untuk satu minggu. 

- Kurangi makan daging. Selain lebih sehat, juga ampuh memangkas pengeluaran. Ganti dengan mengonsumsi sumber protein yang tak kalah bagusnya, seperti: kacang-kacangan, telur, dan lain-lain.

2. Berhenti Merokok

Menghentikan kebiasaan buruk ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga buat kantong Anda. Coba hitung, bila Anda menghabiskan satu bungkus rokok setiap hari, dalam setahun Anda menghabiskan 365 bungkus rokok. Bila harga sebungkus rokok Rp 12.000, maka selama setahun, uang yang Anda buang sia-sia berjumlah sekitar Rp. 4 jutaan!

3. Batasi Kafein

Kalau Anda sering nongkrong di cafe atau coffee shop dan mengonsumsi minuman berkafein bergelas-gelas, kini saatnya Anda mulai membatasinya. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat membahayakan kesehatan. Menurut penelitian dosis tinggi kafein bisa menyebabkan kemandulan dan peningkatan risiko patah tulang pinggul pada wanita yang lebih tua. Dengan membatasi nongkrong di kafe, Anda akan banyak menghemat uang.

4. Olahraga Murah

Tempat kebugaran yang terkenal dan trendi memang menawarkan banyak fasilitas, tapi tentu saja biayanya juga sangat mahal. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda benar-benar membutuhkan personal trainer? Pertimbangkan untuk berolahraga di tempat kebugaran yang standar dan lebih murah. Yang penting, Anda bisa olahraga dengan nyaman. Cara lain yang lebih menghemat uang adalah dengan  melakukan latihan di ruang terbuka, seperti bersepeda, main tenis, atau jogging di sekitar komplek rumah. 

5. Memangkas Biaya Transposrtasi

Jika jarak tempat tinggal Anda relatif dekat dengan kantor, pertimbangkan untuk menempuhnya dengan jalan kaki atau naik sepeda. Selain membakar banyak kalori, Anda juga bisa menghemat pengeluaran transportasi.  (red)