Gowes Sepeda Bareng Ayah

Fatherhood - 02 Apr 2019

Bersepeda selalu mengasyikkan dan tak pernah kehilangan penggemar. Tak salah bila Ayah mengajak Si Kecil untuk bersepeda sekali waktu. Selain fun, Ayah juga bisa menularkan kecintaan akan olahraga pada anak sedini mungkin.

Di zaman sekarang ini rasanya waktu dan materi adalah segalanya. Karena untuk menikmati waktu bersantai sedikit saja, terkadang kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Sempat terpikir juga, apa ya kegiatan yang bisa membuat Keluarga Jakarta menjadi semakin harmonis tapi dengan biaya murah meriah? Apalagi kalau bukan  bersepeda bersama! Selain membuat badan sehat, jika sering dilakukan bersama orang-orang yang kita cintai, bersepeda akan lebih mempererat komunikasi di antara anggota keluarga. Mungkin hal ini tak bisa dilakukan setiap hari, tapi setidaknya bisa dilakukan di hari libur atau akhir pekan.

Tahukah Anda, alat transportasi ‘jadul’ ini sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dengan bersepeda, kita bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner pada keluarga. Selain itu, mengendarai sepeda juga sangat baik untuk mengencangkan otot, terutama tubuh bagian bawah, seperti betis dan paha. Bagi penderita obesitas, bersepeda menjadi salah satu cara membakar kalori. Terutama saat menggowes lebih cepat dan juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.
 
Tidak Perlu Lama

Setelah kegiatan bersepeda dirasa cukup, kita bisa kembali ke rumah. Kalau dihitung-hitung, satu jam sebenarnya cukup untuk melakukan kegiatan ini. Untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh, maka kita harus melakukannya secara rutin. Seminggu sebaiknya dua-tiga kali.Bonus lain dari bersepeda adalah, kita bisa mengetahui lingkungan sekitar secara lebih seksama. Kita juga bisa menambah keakraban dengan para tetangga. Jika misalnya masuk ke gang-gang kecil juga tidak masalah kok, asalkan tidak menganggu orang-orang di sekitarnya. Ajarkan anak untuk memberi salam, “Permisi ya Pak atau Ibu.”
Bagaimana, cukup irit sekaligus menyenangkan bukan, Keluarga Jakarta? Ya, selain membutuhkan niat yang kuat untuk membuat keluarga kita lebih sehat, kita juga harus berkomitmen untuk terus melakukannya. Dan hitung-hitung dengan bersepeda kita sudah mendapatkan keduanya: rekreasi yang murah sekaligus menyehatkan. Mari bersepeda bersama! (DL)


Sebelum Bersepeda :
Agar lebih menyenangkan, lakukan beberapa hal berikut ini sebelum bersepeda bersama Si Kecil.

Persiapan
Siapkan helm khusus sepeda, masker, sepatu, kaos, handuk, minuman atau makanan ringan serta tujuan bersepeda esok hari.

Pemanasan
Sebelum bersepeda, lakukan peregangan otot dulu, seperti menggerakkan kaki dan tangan. Ini berguna agar otot tidak tegang otot dan kram kaki saat bersepeda.

Keselamatan No. 1
Saat menggowes, tak perlu cepat-cepat. Boleh sambil mengobrol, tapi tetap harus memperhatikan keselamatan dalam berkendara. (red)