Seventh Earth “Art & Fashion Exploration"

Citybuzz - 17 Feb 2019

Label fashion 2Madison dan beberapa fashion designer Indonesia  bersama-sama bereksplorasi dengan mengelar pameran fashion bertajuk “SEVENTH EARTH”. Untuk diketahui pengertian dari Seven Earth sendiri adalah suatu alam atau dunia imajinasi dimana penghuninya dari lintas warna kulit, ekonomi, budaya/politik dan kultur yang sama-sama hidup harmonis. 

Seventh Earth adalah suatu kondisi dimana si kuat menolong si lemah, agar semua bisa maju bersama dan semua bisa mempunyai masa depan yang baik. Semua saling melengkapi hidup satu-sama lain dengan serasi tanpa hiruk pikuk tentang perbedaan, kecurigaan, apalagi rasa amarah/dengki. Apakah Seventh Earth ini akan pernah ada, atau hanya sekedar fantasi belaka? Jawabannya ada di hati dan benak sang Pembuat karya, dan para penikmatnya. 

Acara yang diselenggarakan tanggal 16 february 2019 sampai dengan 3 Maret 2019 ini menampilkan eksplorasi 10 fashion designer dari beberapa kota di Indonesia yang diantaranya adalah: Soni Irawan (Yogyakarta), Ruth Marbun (Jakarta), Hana Madness (Jakarta), Lala Bohang (Jakarta), Chairol Imam (Solo), Esa Apriansyah (Bandung), Imeldams (Cilegon), Dina Adelya (Jambi), DGTMB (Yogyakarta), Robet Olga (Solo). 

Pada pameran ini para designer mencoba menampilkan kelebihannya, terutama menonjolkan sisi Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan etnik Indonesia seperti tenun ulos. Maggie Hutauruk Eddy, Desainer/Owner 2Madison Avenue menemukan fakta bahwa beberapa jenis tenun ulos sudah nyaris punah. Jika hal ini dibiarkan, maka akan semakin banyak penenun kain kehilangan mata pencahariannya. Seventh Earth dalam benak Maggie adalah kondisi dimana para pencinta fashion menyadari akan pentingnya peran mereka dalam lingkaran ini, dan karenanya secara sadar dan sengaja memilih untuk menggunakan fashion yang menggunakan tenun Indonesia. 

Dalam pameran sebelumnya Meggie pun memilih ulos sebagai medium utama yang digunakan untuk koleksi yang ditampilkannya di NYFW fall/winter 2019 bersama group Indonesia “Indonesian Diversity”. Maggie berharap dengan membawa koleksi ini ke platform fashion kelas dunia, minat terhadap ulos atau tenun Indonesia lainnya bisa dibangkitkan. (red)

foto: instagram@2madison_gallery