Menstimulasi Imajinasi Anak Melalui Mendongeng

Citybuzz - 04 Nov 2019

Percaya bahwa sentuhan ibu berperan penting dalam tumbuh kembang anak dan memilikipengaruh hingga ia beranjak dewasa, NIVEA sebagi brand yang telah membantu merawat kesehatan kulit keluarga Indonesia selama lebih dari 100 tahun kembali mempersembahkan kampanye #Sentuhanibu 2019, sebuah inisiatif untuk membantu para ibu Indonesia dalam mempererat ikatan dengan buah hati mereka. Salah satu kegiatanyang menjadi bagian dari kampanye #Sentuhanibu 2019 ini, adalah kelas dongeng yang melibatkan komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Melalui kegiatan ini, NIVEA ingin membantu para ibu dalam mendongeng untuk anaknya dengan cara memberikan kiat-kiat praktis untuk diterpkan dirumah.

Briggita Dewi Pricillia selaku Brand Executive NIVEA Body Care and Crème mengatakan, “ Saat ini kegiatan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan oleh para ibu. Menariknya, meskipun mengaku mengetahui bahwa mendongeng baik untuk tumbuh kembang anak, namun para ibu masih belum bisa percaya diri untuk mendongeng karena mereka merasa kurang imajinatif dan kreatif. Oleh karena itu, sebagai kelanjutan dari kampanye sebelumnya, ditahun ini kami pun mengajak para ibu dan anak untuk saling menstimulasi daya imajinasi masing-masing melalui kegiatan mendongeng.”

Selain itu mendongeng tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan kemampuan otak, namun juga dapat mempererat ikatan emosi yang hant dan menyenangkan. Hal ini disampaikan oleh Psikologi Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi yang hadir di acara kelas dongeng NIVEA. Lebih lanjut Vera mengatakan,” Ibu memanikan peran penting sebagai pendamping yang membantu anak meningkatkan daya imajinasinya. Dengan berimajinasi bersama anak saat mendongeng, ibu dapat membangun komunikasi dan kedekatan dengan anak. Selain itu, ibu juga bisa memanfaatkan kegiatan mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai positif sehingga membantu karakter anak dimasa depan. Anak yang memiliki daya imajinasi tinggi dapat menjadi sosok yang easy going, ekspresif, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, memiliki banyak ide, serta memiliki konsep diri yang lebih positif.”

Sebagai informasi, untuk membantu memperkuat ikatan ibu dan anak di Indonesia, selain menghadirkan kelas dongeng, NIVEA juga berpartisipasi dalam acara Festival Dongeng International Indonesia 2019 yang diadakan 2-3 November 2019 di Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah) Jakarta.  (red)