Si Kecil Suka Berantakan

Baby & Kids - 09 Apr 2019

Memasuki usia 12-18 bulan, buah hati Anda sangat menyukai mengguncang dan menuang apa saja yang bisa dituangnya. Setelah tertumpah semua isinya, ia pun mulai memasukkan lagi ke dalam tempatnya, kemudian ditumpahkan lagi. Tampaknya kegiatan ini menjengkelkan, ya? Tapi jangan salah, tahap perkembangan ini penting karena salah satunya membantu anak mengembangkan kekuatan lengan otot dan keseimbangan tubuh. Untuk menghindarkan Anda dari rasa jengkel karena rumah yang kerap berantakan, cobalah langkah-langkah ini:

Kunci semua laci dan letakkan kotak perkakas di tempat yang sulit dijangkau anak. Perhatikan juga lemari dapur, karena bagian ini termasuk wilayah yang disukai anak-anak.

Rapatkan tutup toples. Toples kaca umumnya cukup berat untuk diguncang oleh anak. Jika merasa kesal karena tak sanggup membukanya, anak akan membantingnya. Hal ini berbahaya bila toples pecah. Ganti dengan toples plastik dan rapatkan penutupnya.

Ajak anak mengembalikan barang ke tempatnya. Setelah mengguncang dan mengosongkan isinya, ajak anak belajar memasukkan kembali isinya. Dengan cara ini, Anda mengajarnya menyimpan kembali mainannya sendiri.

Berikan rambu. Pastikan semua barang atau mainan yang dia keluarkan harus dikembalikan lagi ke tempatnya. Umumnya anak di usia ini sering malas membereskan dan beralih mencari benda lain untuk diguncang dan dituang. Perlu ketegasan Anda untuk mengajak anak disiplin sejak dini. (red)

foto: chezerbey.com