Perjalanan Jauh Bersama Bayi

Baby & Kids - 09 May 2019

Ada saatnya ketika Anda dan keluarga harus melakukan perjalanan jauh, entah untuk berlibur atau mudik Lebaran, dengan membawa serta bayi Anda. Agar Si Kecil tak rewel sepanjang perjalanan, simak tips berikut:

- Pastikan bayi dalam kondisi sehat. Bawa obat yang sekiranya bakal dibutuhkan, misalnya obat penurun panas sebagai pertolongan pertama bila anak demam.

- Usahakan tidak membawa bayi ke tempat dengan waktu tempuh lebih dari 3 jam. Atau sebelumnya, "latih" bayi bepergian dengan waktu tempuh singkat atau sedang.

- Gunakan alat transportasi yang aman dan nyaman, karena bayi lebih rentan di udara panas atau di ruang sempit.

- Hindari membawabayi berusia kurang dari 3 bulan naik pesawat, sebab rentan mengalami gangguan telinga akibat perubahan tekanan udara di kabin

- Bila menggunakan pesawat, dapatkan tempat duduk di dekat lorong agar mudah ke luar masuk. Saat take off dan landing, susui bayi agar perubahan tekanan udara tak mengganggu telinganya.

- Bila menggunakan mobil pribadi, ada baiknya berhenti untuk istirahat secara berkala. Gunakan waktu ini untuk menyusui atau menggendong bayi jalan-jalan. (red)