Normalkah Pertumbuhan Bayi Anda?

Baby & Kids - 08 Aug 2019

Wajar jika setiap orangtua menginginkan anaknya tumbuh sehat. Agar Anda tak penasaran lebih lama, ada tiga ukuran fisik yang bisa dijadikan pedoman bagi tumbuh kembang bayi.

Berat Badan. Bayi ditimbang dalam posisi tidur di atas timbangan khusus bayi. Rata-rata berat bayi usia 6 bulan adalah 2 kali berat saat lahir, dan pada usia 1 tahun menjadi 3 kali berat saat lahir.
Panjang Badan. Bayi dibaringkan dalam posisi lurus, diukur panjang badannya dari ubun-ubun hingga ujung kaki dengan footboard (seperti penggaris kayu, yang bagian bawahnya bisa digerakkan untuk hasil pengukuran akurat). Secara kasar, pada umur 1 tahun panjang bayi satu setengah kali panjang saat lahir, dan umur 4 tahun mencapai 2 kali panjang saat lahir.

Lingkar Kepala. Dengan menggunakan meteran (seperti yang digunakan penjahit), lingkar kepala bayi diukur tepat di atas alis dan telinga bayi melingkari kepala. Rata-rata lingkar kepala bayi saat lahir 35 cm. Di usia 6 bulan, lingkar kepala akan bertambah sekitar 8,5 cm, dan usia 1 tahun bertambah sekitar 12 cm. Mengukur lingkar kepala wajib dilakukan secara rutin pada bayi berusia kurang dari 2 tahun. Ini penting karena berkaitan dengan volume otak. Jika lingkar kepala bayi membesar terlalu cepat, kemungkinan ia menderita hidrosefalus. Sedangkan jika lingkar kepala tak bertambah, bisa jadi ia menderita mikrosefali. Keduanya merupakan masalah serius yang berhubungan dengan otak dan kecerdasannya kelak. red