Mengenali dan Mengarahkan Bakat Anak

Baby & Kids - 19 Nov 2019

Mengenali bakat anak sejak dini sangat penting dilakukan agar orangtua dapat mengarahkan dan mengembangkan bakat yang dimiliki Si Kecil.

 

Setiap anak memiliki kemampuan dan bakat sendiri-sendiri yang terkadang tidak diwarisi dari  orangtua mereka. Anak Anda mungkin menjadi yang pertama di keluarga yang memiliki bakat senam, menyanyi atau main piano. Bakat bisa muncul dalam bentuk apapun, namun itu harus diarahkan agar bisa terasah.

 

Berikut cara mengenali dan mengarahkan bakat Si Kecil:

 

1. Mengamati kesenangan dan kebiasaan anak

Anak-anak biasanya tidak mengenali bakat mereka sendiri, namun secara naluriah mereka akan mengejar sendiri bakat tersebut. Amati kebiasaan dan kesenangan yang diperlihatkan anak. Misalnya ia senang menggunakan pensil warna atau crayon, itu bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil berbakat menggambar.

 

2. Membiarkan anak mengeksplorasi kemampuan

Jangan membatasi aktivitas yang dilakukan anak. Kita hanya perlu mengawasinya saka.  Untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki anak, biarkan ia mencoba dan mengeksplorasi berbagai macam hal. Penting untuk memberikan kesempatan anak untuk bereksplorasi sehingga bakat yang terpendam dapat muncul dan berkembang. Perkenalkan pada anak pada berbagai topik, permainan, keterampilan serta aktivitas, dan membantu anak untuk mengejar bakatnya.

 

3. Meyakinkan anak

Membantu anak agar ia yakin pada kemampuan yang dimilikinya. Pujian dan dorongan akan membantu anak mengembangkan bakatnya. Tunjukkan padanya rasa bangga Anda pada kemampuan yang dimilikinya. Anda juga bisa mencari cara untuk menunjukkan bakat anak di depan kerabat dan teman-teman.

 

4. Menyediakan sumber daya untuk menumbuhkan bakat

Untuk meningkatkan bakat anak, orangtua harus terus menerus menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk menumbuhkan keterampilan anak. Anda mungkin perlu memberikan dukungan seperti memasukkan anak ke kursus, menyediakan peralatan dan mengajaknya mengikuti lomba atau kompetisi.

 

5. Memperluas pengetahuan tentang bakat

Saat memupuk bakat anak, beri ia pengetahuan yang luas tentang bakatnya.  Perkenalkan dia pada prestasi dan para ahli di bidang bakat tersebut dan biarkan dia menyaksikan mereka beraksi. Hal ini akan menginspirasi anak.Jika anak Anda memiliki bakat sebagai perenang, ajak ia untuk berkompetisi di tingkat lokal. Atau jika ia berbakat menyanyi, ajak ia untuk menyaksikan konser musik.

 

Bakat anak bisa berkembang dengan baik jika Anda sebagai orangtua membantu mengembangkan bakatnya. Tidak hanya dukungan, tetapi orangtua juga perlu memberikan atau menciptakan kesempatan dan peluang agar bakat anak tetap terasah dan bertahan selamanya. (red)

 

Foto: todaysparent.com