Mengatasi Flu Perut pada Anak

Baby & Kids - 29 Oct 2019

Rotavirus merupakan penyebab utama terjadinya flu perut pada bayi dan balita, serta penyebab paling umum diare pada anak kecil. Dibanding pada orang dewasa, gejala rotavirus pada bayi dan balita cenderung serius karena sistem kekebalan tubuh anak masih berkembang. Untungnya ada cara sederhana untuk mencegah sekaligus mengobati gejala flu perut pada bayi dan balita. 

Rotavirus menyebar melalui feses orang yang terinfeksi, melalui benda yang terkontaminasi termasuk mainan, perabotan dan makanan. Bila orang tidak mencuci tangan dengan baik setelah mengganti popok bayi yang terinfeksi, atau balita yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan baik setelah menggunakan ke kamar mandi, mereka dapat dengan mudah menyebarkan rotavirus.

Gejala flu perut

Flu perut memiliki gejala antara lain:

- sakit perut dan muntah

- diare berair, biasanya berlangsung tiga hingga delapan hari

- demam

- dehidrasi (tanda-tanda dehidrasi termasuk lesu, kulit pucat, mata cekung, menangis tanpa air mata,     frekuensi buang air kecil dan volume urine yang menurun drastis)

- kurang nafsu makan

Mengobati flu perut 

Anda bisa mengobati gejala flu perut di rumah. Dokter biasanya anak menyarankan hal-hal berikut untuk mengurangi rasa sakit:

Berikan anak cairan yang banyak untuk menghindari dehidrasi. Untuk bayi yang belum mengonsumsi makanan padat, sering-sering menyusuinya atau member formula. 

Berikan acetaminophen atau ibuprofen (tapi berikan ibuprofen hanya untuk anak-anak usia enam bulan atau lebih) untuk mengurangi demam.

Berikan makanan lunak seperti pisang, biskui, roti yang tidak akan mengganggu sistem pencernaan anak. Hindari memberi jus apel, produk susu dan makanan manis yang bisa memperparah diare anak.

Lakukan yang terbaik agar anak bisa cukup istirahat.

Kapan harus menghubungi dokter?

Hubungi dokter jika anak menderita diare berdarah, muntah berlebihan atau demam tinggi ( 38 Celcius jika bayi berusia kurang dari tiga bulan, dan 38,6 Celcius jika anak berusia antara  3 bulan – 3 tahun). Atau jika Anda melihat tanda-tanda anak dehidrasi parah seperti lesu dan sulit bangun, mata cekung, menangis tanpa air mata, jarang buang air kecil dan detak jantungnya cepat.

Mencegah flu perut

Berikan anak vaksin rotavirus

Biasakan seluruh angora keluarga untuk mencuci tangan setelah buang air, sebelum menyentuh makan, setelah bermain di luar dan sebelum menyiapkan makanan.

Memastikan rumah dan area bermain anak selalu dalam keadaan bersih. (red)

Foto: hip10.info