Makan Sehat dan Teratur Selama Mudik

Baby & Kids - 16 May 2019

Agar daya tahan tubuhnya tetap prima selama perjalanan mudik, anak harus makan dengan teratur. Apa saja yang harus dicermati pada pola makannya saat bepergian jauh?

Musim mudik tiba! Melakukan perjalanan ke kampung halaman bersama keluarga memang sangat menyenangkan. Saat membawa Si Kecil bepergian jarak jauh, Anda perlu persiapan yang matang. Mulai dari pemilihan transportasi, rute perjalanan, hingga mempersiapkan kondisi fisik keluarga, terutama balita Anda. Agar kondisi fisik Si Kecil tetap terjaga, asupan makanan sebelum dan selama perjalanan harus diperhatikan. Pastikan Anda menerapkan kebiasaan makan seperti yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan, agar pola makan anak bisa tetap terjaga meski sedang dalam perjalanan jauh menggunakan kendaraan:

Makan Sebelum Bepergian
Mengisi perut anak sebelum melakukan perjalanan sangat penting dilakukan. Jangan biarkan perut  mereka kosong saat bepergian. Sebab, saat perut kosong lambung akan memproduksi asam dalam jumlah yang berlebihan sehingga akan membuat iritasi lambung dan merangsang mual. Tapi, jangan sampai makan berlebihan ya. Sebaiknya kurangi makanan berlemak tinggi, batasi minum, jus, termasuk buah-buahan, menjelang keberangkatan.

Memilih dan Menyiapkan Makanan
Makanan yang bersih dan sehat wajib Anda siapkan untuk Si Kecil. Tentu, Anda tidak ingin anak-anak terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau jajanan yang Anda jumpai di perjalanan.

Selain nasi dan lauk pauknya, untuk santapan selama di perjalanan, Anda bisa memilih jenis makanan yang bergizi, mengenyangkan dan juga praktis, seperti berikut ini: arem-arem yang terbuat dari beras dan diisi dengan lauk pauk seperti oseng-oseng sayur, daging giling, telur dadar dan sebagainya. Bisa juga lontong isi daging, atau lemper isi daging atau ayam. Sandwich isi sayur dan daging juga bisa menjadi pilihan menu yang berenergi.

Buah segar menjadi camilan yang tepat untuk dibawa saat melakukan perjalanan jauh. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membuat tubuh menjadi bugar. Buah seperti pisang dan apel praktis dibawa tanpa harus dipotong-potong terlebih dulu. Untuk buah seperti mangga, melon, kiwi, sebaiknya dipotong kecil-kecil dan disimpan dalam wadah.

 Sayur-sayuran. Selain buah siapkan juga sayuran untuk Si Kecil. Pilih sayuran dengan cita rasa manis dan renyah agar anak mau dan suka menyantapnya, seperti wortel, timun, dan lain-lain.

Cemilan sehat seperti biskuit gandum, kismis yang kaya antioksidan, agar-agar, dan sebagainya

Siapkan air putih agar anak tidak dehidrasi selama perjalanan. Jika anak sulit mengonsumsi air putih, bisa diganti dengan jus buah atau sayuran agar kebutuhan cairannya tetap tercukupi selama perjalanan.

 Jangan lupa soal kebersihan. Bawa selalu hand sanitizer dan biasakan Si Kecil memakainya sebelum makan.

Makanan yang Harus Dihindari
Tidak semua makanan aman dikonsumsi anak-anak.  Terlebih dalam perjalanan jauh dan lama. Potongan besar makanan bisa menyebabkan anak tersedak. Sebaiknya jangan memberi anak makanan seperti popcorn, kacang-kacangan dan permen. Makanan lengket semisal selai kacang, jelly, marshmallow juga bisa berisiko menutupi saluran pernapasan anak. Siapkan makanan anak dalam potongan-potongan kecil. Karena potongan kecil lebih aman untuk dimakan dalam kendaraan yang bergerak. (red)

Mudik Bersama Bayi

Jika Anda membawa bayi yang baru belajar makanan solid, berikut tips praktis menyiapkan makanannya:
•    Bubur susu instan merupakan salah satu solusi dalam menyiapkan makanan si kecil saat mudik.

Anda dapat memilih bubur instan dengan rasa yang bervariasi. Selain bubur susu, oat instan juga bisa menjadi pilihan. Pastikan membawa air panas di termos untuk menyeduh makanan.

•    Anda bisa membuat stok pure buah dan sayur sebelum melakukan perjalanan. Kemudian letakkan pure buatan Anda dalam toples kaca sebelum kemudian disimpan dalam cooler box agar tetap segar.

•    Sediakan camilan seperti biskuit bayi untuk menemani perjalanannya.

•    Jangan lupa untuk selalu membawa peralatan makan dan minum bayi berserta slaber dan tissue basah.

•    Karena mudik adalah situasi darurat, hindari menggunakan alat standar memasak seperti di rumah. Pilih yang betul-betul penting saja atau multifungsi. Misalnya parutan untuk menggantikan baby food maker.