Mainan yang Aman untuk Si Kecil

Baby & Kids - 18 Nov 2019

Memilih mainan untuk buah hati memang menyenangkan. Namun Anda harus memperhatikan keselamatan Si Kecil saat memainkannya. Ada banyak bahaya mengintai anak saat bermain dengan mainannya. Mulai dari tersedak hingga bahan beracun yang terkandung di dalamnya. Lindungi anak dari bahaya setiap kali Anda membeli mainan baru untuknya dengan panduan berikut ini:
-  Hindari mainan yang memiliki tepi yang tajam dan berat karena dapat melukai anak saat bermain.
-  Jauhkan mainan yang dimaksudkan untuk anak-anak yang lebih tua dari jangkauan bayi dan balita.
-  Anak-anak suka mencabut dan memisahkan mainan. Jadi, pilihlah mainan yang kokoh dan tidak mudah lepas.
-  Pilih mainan sesuai usia. Sebelum membeli, baca lebih dulu label mainan yang mencantumkan aturan usia tertentu yang dapat dan cocok memainkan mainan tersebut.

-  Beli mainan yang bisa dicuci agar kuman dan bakteri yang menempel pada mainan bisa hilang. Karena umumnya bayi dan balita senang memasukkan mainannya ke mulut.
-  Untuk mengurangi resiko tersedak, pilih mainan yang mainan yang berukuran lebih besar daripada mulutnya. 
-  Hati-hati dengan mainan yang terbuat dari bahan kimia berbahaya. Anda bisa mencari tahu di internet, misalnya, mengenai bahan kimia berbahaya yang bisa saja terdapat di mainan anak.
-  Hindari membeli mainan yang memiliki tali (benang atau pita) yang panjangnya melebihi 30 cm untuk menghindari bayi atau balita terlilit tali di lehernya. 
-  Hindari mainan senjata yang bisa menembak otomatis. Biasanya mainan jenis ini dapat melukai mata jika tertembak. (red)