Khasiat Minyak Ikan

Baby & Kids - 28 May 2019

Kandungan minyak ikan telah lama dikenal baik bagi perkembangan otak anak. Ahli gizi Dr. dr. Saptawati Bardosono M.Sc. dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, mengatakan minyak ikan mengandung asam lemak sehat, yaitu jenis asam lemak yang membantu perkembangan otak dan menjadi stimulan positif dalam menguatkan daya ingat.

Berbagai penelitian juga mengungkapkan tiga fakta terbaru manfaat minyak ikan berikut:

1. Meningkatkan kemampuan anak membaca.

Para ilmuwan Universitas Oxford, Inggris, memberikan minyak ikan dengan dosis 600 mg selama 16 minggu kepada 362 anak usia 7-9 tahun. Hasilnya, pada anak-anak yang kemampuan membacanya rendah, setelah rutin mengonsumsi sumber omega-3, kemampuan membacanya meningkat dalam tiga minggu.

2. Gigi dan gusi menjadi sehat.

Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition disebutkan bahwa relawan yang mengonsumsi minyak ikan selama lima tahun ternyata jarang mengalami masalah kesehatan gigi dan gusi.

3. Mengurangi keinginan makan junk food.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition mengindikasikan bahwa kegemaran mengonsumsi junk food menghalangi proses pembentukan sel saraf baru. Sedangkan kebiasaan mengonsumsi minyak ikan bisa mencegah efek negatifnya dengan merangsang area pada otak yang mengontrol makan, belajar, dan ingatan. Minyak ikan berperan dalam mengurangi kemampuan karbohidrat atau gula dan lemak jenuh untuk menghambat kontrol otak terhadap keinginan makan. (red)