Family Guide Indonesia

Kenapa Makannya Harus Diemut, nak?

Baby & Kids - 25 Jun 2020

Menjengkelkan rasanya bila melihat anak susah makan. Ada-ada saja alasannya, dari yang tidak suka makanannya, sudah kenyang atau makannya diemut. Sebagai orangtua tentunya kita berusah agar anak kita sehat dan tidak terhambat pertumbuhannya. Bahkan ada beberapa orangtua yang jadi stress melihat “kelakuan” anaknya ini. Nah kalau sudah seperti ini, bagaimana selanjutnya?

Faktor penyebab anak susah makan bisa jadi dikarenakan faktor fisik dan psikisnya. Faktor fisik dapat meliputi gangguan di organ cerna maupun infeksi yang ada didalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis anak seperti suasana makan yang kurang menyenangkan, suasana di dalam keluarga, tidak pernah makan bersama orangtua atau anak sering dipaksa memakan makanan yang tidak disukanya. 

Bila hal ini terjadi, coba dulu sajikan makanan dalam porsi yang lebih sedikit. Perlu diketahui, lambung anak kecil tidak dapat menampung semua makanan yang anda berikan. Memang ini terkadang salah kaprah yang ada di orangtua, yang menganggap kalau anaknya makan banyak pastilah sehat. Selain itu kita juga harus membuat variasi pada makanan. Buat beberapa pilihan menu, dan biarkan dia sendiri yang memilih makanan yang akan dicobanya. Namun perlu dicatat, jangan mentakut-takuti anak dengan ancaman atau hukuman kalau mereka masih belum mau makan, namun buatlah saat makan itu menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu  dan menyenangkan bagi mereka. 

Kalau ada waktu luang atau anak sedang tidak ada kegiatan, boleh saja kita mengajak anak memasak bersama. Ajaklah mereka dan beri tau juga bagaimana cara mengolah makanan itu. Usahakan mereka menjadi tertarik dengan kegiatan baru ini. Misalnya saja membuat nasi goreng atau memasak dengan bumbu-bumbu yang agak berat. Jelaskan bumbu-bumbunya dan cara mengolahnya. Terangkan ke mereka juga manfaat dari mengkonsumsi lauk pauk, sayuran dan buah-buahan. Sesekali boleh ajari mereka cara membersihkan semua bahan yang akan di masak. Pokoknya buatlah ini menjadi menyenangkan. Kalau belum berhasil cobalah lagi dan lagi. Selamat mencoba ya! (DL)

foto: somethingtochew.com