Kenapa Harus Masuk Tangan ke Mulut Ya?

Baby & Kids - 12 Mar 2019

Saat bayi memasukkan tangannya ke mulut, sebagian besar orangtua pasti akan melarangnya. Ternyata kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. 

Menurut dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR, bayi mengenali lingkungan melalui rongga mulutnya. Rongga mulut bayi mengandung sistem saraf yang berfungsi untuk menerima stimulus. Apa sajakah manfaat dari memasukkan tangan ke dalam mulut bagi bayi? 

1. Bayi belajar mengenal anggota tubuhnya sendiri, seperti tangan dan kaki. Lewat kegiatan itu bayi belajar mengoordinasikan tangan untuk masuk ke mulut, bukan ke arah lain.

2. Refleks muntah pada bayi ada di depan mulut. Pada saat bayi memasukkan tangan ke mulut secara tidak langsung dia menekan refleks muntahnya ke belakang. Jadi meski sering ditemukan bayi dengan gejala muntah atau mual setelah memasukkan tangannya ke mulut, ibu tidak perlu kuatir karena memang begitulah prosesnya. 

3. Karena mulut bayi adalah jendela dunianya, memasukkan tangannya ke mulut dirasakan sebagai kegiatan yang nyaman dan membuatnya merasa aman.

4. Pada saat tangan masuk ke mulut, bayi akan melakukan proses eksplorasi. Maka lidah dan rahangnya akan bergerak. Itu merupakan langkah awal untuk mulut menerima stimulus, sebagai pondasi untuk perkembangan berikutnya.

5. Kegiatan memasukkan tangan ke mulut menjadi pondasi bagi bayi untuk belajar makan makanan padat. Rongga mulutnya akan terbiasa dengan adanya benda padat. Sehingga saat diberikan bubur susu, bayi tidak akan muntah. (red)