Jangan Bandingkan Anak, Masing-masing Punya Kecerdasan Unik

Baby & Kids - 08 Nov 2018

Setiap anak memiliki kepintaran yang berbeda. Namun sayangnya orangtua kerap membanding-bandingkan antara anak satu dengan lainnya. Menurut Thomas Armstrong, seorang ahli di bidang multiple intelligences (kecerdasan multipel), mendorong orangtua untuk mengenali delapan jenis kepintaran pada anak dan cara-cara terbaik untuk menstimulasi anak sesuai dengan kepintaran yang mereka miliki.

Armstrong mendefinisikan delapan jenis kepintaran sebagai ‘word smart’, ‘number smart’, ‘picture smart’, ‘body smart’, ‘music smart’, ‘people smart’, ‘self smart’ dan ‘nature smart’. "Kita bisa mengenali kepintaran anak dan menentukan cara terbaik untuk menstimulasi kepintaran tersebut dengan mengamati tingkah laku mereka. Anak-anak yang suka bermain sendiri misalnya, cenderung memiliki jenis kepintaran ‘self smart’. Kepintaran mereka akan semakin bersinar bila sering diajak berbicara mengenai perasaan dan pendapat mereka mengenai berbagai hal atau diajak untuk melakukan aktivitas yang bersifat reflektif seperti yoga,” kata Armstrong dalam temu media di Jakarta yang diselenggarakan Wyeth Nutrition Indonesia, baru-baru ini.

Sedangkan anak-anak yang suka membuat sesuatu dengan tangan mereka, menyentuh dan mengamati benda-benda di sekitar mereka mungkin memiliki jenis kepintaran ‘body smart’, dan orang tua dapat membantu menstimulasi mereka dengan permainan menyusun balok atau kegiatan fisik seperti olahraga dan menari. Armstrong menekankan, orangtua bisa mengenali kepintaran anak dan merangsangnya dengan memperhatikan minat dan tingkah laku mereka. Secara garis besar kepintaran dipetakan menjadi 8 kategori, dan begini cara merangsangnya: