Family Guide Indonesia

Humor untuk Bayi

Baby & Kids - 15 Jul 2020 Tahukah Anda, bercanda dan tertawa bersama bayi bisa mengatasi hambatan komunikasi? Selain itu, orangtua bisa lebih dekat dengan si buah hati, dan bayi lebih mudah diajak berkomunikasi. Ingin tahu perkembangan rasa humor pada bayi?

•    Bayi 0-6 bulan. Senyum pertama bayi akan mucul di usia 6 minggu. Bayi sangat menyukai permainan lucu saat orangtua mengeluarkan suara-suara aneh. Bayi juga menyukai gerakan-gerakan lucu, misalnya saat menggendongnya, ibu bisa berjongkok dan kemudian berdiri lagi berulang-ulang.

•    Bayi 6-12 bulan. Di usia 10 bulan, bayi bisa mencari sendiri hal yang bisa membuatnya tertawa. Bayi juga menganggap lucu sesuatu yang tak lazim, misalnya ketika kita memakai celana di kepala.
Memasuki usia 1 tahun, permainan cilukba adalah permainan yang paling mudah membuatnya tertawa.

•    Bayi usia 12-18 bulan. Bayi usia 1 tahun sudah mulai bisa tertawa melihat tontonan favoritnya. Saling menggelitik adalah permainan favorit bayi di usia ini.

•    Bayi usia 18 bulan ke atas. Bernyanyi bersama-sama sambil menirukan perilaku dan suara hewan sangat disukainya. Saat ini bayi sudah mulai bisa memahami humor secara verbal. Tingkah laku badut juga bisa membuatnya tertawa terpingkal-pingkal. (red)