Frozen Food Untuk MPASI

Baby & Kids - 14 Feb 2019

Membuat MPASI untuk si buah hati setiap hari menjadi tantangan tersendiri bagi Ibu pekerja, karena cukup memakan waktu. 


Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan membekukan makanan untuk MPASI. Selain hemat waktu dan mudah, nilai gizinya tetap terjaga. Anda hanya perlu membuat puree dalam porsi banyak, simpan di wadah tertutup dalam porsi sekali makan, lalu simpan dalam freezer. Tempelkan label bertuliskan tanggal pembuatan dan bahan pembuat pure pada wadah tadi.


Apa saja yang bisa dibekukan?

Kaldu ayam/sapi, dan aneka puree/bubur buah atau sayuran, seperti apel, alpukat, pisang, mangga, pir, brokoli, kembang kol, wortel, jagung, buncis, kacang kapri, dan daging. Beberapa bahan makanan berikut akan berubah teksturnya jika dibekukan, antara lain tahu, telur, kentang dan melon.


Bagaimana cara menghangatkannya?

Malam sebelum memberikan MPASI, pindahkan makanan beku ke bagian bawah kulkas. Keluarkan makanan beku dari freezer ke suhu ruangan kira-kira 2 jam sebelum dikonsumsi. Jika ingin lebih cepat, masukkan wadah berisi makanan beku ke dalam wadah lain yang berisi air hangat, atau hangatkan dalam rice cooker.


Ingat!

Makanan beku harus berada pada suhu -12°C (suhu maksimum kulkas). 

Jangan pernah membekukan makanan dalam sembarang wadah. Wadah yang tidak dibuat untuk pembekuan, bisa retak dan meninggalkan serpihan-serpihan yang teramat sangat kecil, atau pecah tiba-tiba. - red