Cara Mudah Cegah Keracunan Salmonella

Baby & Kids - 23 Oct 2019

Si Kecil menderita demam, kram perut dan menunjukkan gejala diare, bisa jadi ia mengalami keracunan Salmonella. Lalu bagaimana cara mengatasi infeksi tersebut?

Keracunan Salmonella atau Salmonellosis disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica. Infeksi ini terjadi saat bakteri masuk ke dalam usus dan perut seseorang sehingga menyebabkan gangguan pada pencernaan. Kotoran hewan peliharaan, tanah, air dan makanan mentah merupakan tempat berkembang biak yang umum bakteri ini. 

Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan keracunan Salmonella: 

1. Kontaminasi selama pengolahan makanan. 

2. Orang yang terinfeksi Salmonella tidak mencuci tangannya dapat mencemari makanan dan menyebarkan penyakit. 

3. Anak Anda melakukan kontak pada kotoran hewan yang menderita diare, kemungkinan ia akan menderita keracunan Salmonella.

4. Jika anak Anda mengonsumi makanan setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaan seperti kura-kura, hewan pengerat atau unggas, ia mungkin terjangkit infeksi perut.

5. Asupan produk hewani yang berlebihan seperti daging, telur, susu dan unggas dapat membuat anak rentan terhadap Salmonellosis. Namun sayur juga bisa tercemar bakteri. 

Gejala

Gejala salmonella yang umum pada balita meliputi: mual, muntah, diare, kram perut, demam, tinja berdarah, sakit kepala dan panas dingin. Tanda-tanda infeksi Salmonella biasanya berlangsung selama empat hingga tujuh hari. Namun, mungkin perlu beberapa bulan agar buang air besar anak kembali normal 

Pengobatan

Meski di banyak kasus gejala keracunan bisa hilang dengan sendirinya, namun dalam kasus yang akut, membutuhkan perawatan medis. Dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk melawan infeksi bakteri. Dehidrasi adalah efek samping yang umum dari Salmonellosis. Hal ini terjadi saat balita kehilangan banyak cairan tubuh akibat muntah dan diare. Cobalah meningkat asupan cairan Si Kecil untuk membantunya sembuh dan mencegah dehidrasi. Hindari memberi anak minuman berkarbonasi dan jus buah karena hanya akan memperparah diare. 

Mencegah Keracunan Salmonella

Berikut langkah-langkah mudah untuk melindungi buah hati kita dari infeksi berbahaya ini: 

1. Hindari memberikan makanan olahan (processed food) seperti makanan kaleng dan sebagainya pada balita. 

2. Masak makanan dengan benar, sebab makanan mentah atau setengah matang merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri Salmonella. 

3. Jika anak Anda menderita infeksi ini, ingatlah untuk mencuci tanggan Anda dengan benar setelah mengganti popok atau pakaiannya untuk mencegah penyebaran infeksi ini. 

4. Membersihkan dan merawat hewan peliharaan dengan benar dan memastikan kebersihannya sebelum hewan tersebut melakukan kontak dengan Si Kecil. Selain itu cuci tangan Anda dengan benar setelah menangani hewan peliharaan.

5. Tanamkan kebiasaan hidup bersih pada anak. Cuci buah dan sayuran dengan baik sebelum disajikan mentah untuk anak. Jaga kebersihan dapur. Cuci tangan sebelum menyakikan dan menyantap makanan. (red)

Foto: momjunction.com