Bayi Anda Jerawatan? Ini Solusinya

Baby & Kids - 04 Dec 2019

Hampir 20% bayi yang baru lahir akan memiliki bintik merah dengan ujung putih yang bentuknya seperti jerawat. Bintik merah yang disebut neonatorum ini biasanya timbul di sekitar pipi, dagu, dahi, dan punggung. Salah satu penyebabnya adalah hormon kehamilan ibu yang masuk ke dalam tubuh janin. Hormon ini merangsang kelenjar minyak dalam tubuh bayi secara berlebih yang lalu terhambat sel-sel mati pada pori-pori kulit bayi. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan timbul jerawat. Begini cara mengatasinya:

- Jangan sering menyentuh bintik-bintik merah itu, apalagi memencet dan mengeluarkan isinya, sebab berisiko radang dan memperparah kondisinya.

- Jaga kebersihan kulit wajah dan tubuh bayi dari air liur, susu, dan makanan. Gunakan sabun bayi, handuk lembut, dan keringkan. 

- Hindari mengoleskan krim, lotion, baby oil dan produk perawatan kulit lain pada bagian kulit yang ditumbuhi ”jerawat,” gunakan salep dari dokter.

- Hindari beraktivitas di tengah cuaca terik, hindari pakaian bayi dari bahan kasar serta deterjen atau pelembut pakaian yang keras karena akan memperparah bintiknya.- red

foto: katherinerosman.com