Atasi Adik Bayi Yang Terus Menangis

Baby & Kids - 14 Oct 2017

Menangis merupakan cara bayi menyampaikan maksud dan keinginannya. Bayi yang sehat pun pasti menangis, yang merupakan peristiwa fisiologis normal, namun bayi yang menangis terus-menerus bisa membuat khawatir. Cara paling efektif menangani bayi rewel dan membuatnya tenang biasanya dengan menyusui atau menggendongnya. Berikut beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi tangisan bayi.

- Cuaca yang kurang bersahabat menjadi salah satu penyebab bayi rewel. Bila ruangan terasa panas, nyalakan kipas dan buka jendela atau hidupkan AC. Sebaliknya, selimuti bayi dengan selimut lembut pada saat cuaca dingin.

- Periksa pakaian dan popok bayi. Pastikan pakaian bayi kering, nyaman, dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Segera ganti popok yang basah. Bersihkan area yang kotor dan keringkan dengan handuk yang lembut terlebih dahulu.

- Kontak fisik dengan ibu membuat bayi tenang. Tepuk-tepuk punggungnya atau usap kepalanya dan biarkan Si Kecil mendengar suara lembut ibu. Ayunkan dia dengan lembut dan berjalan perlahan-lahan dalam ruangan. Jika tidak ada hasil ganti posisinya. (FD)

foto: media.mnn.com