Apakah Anak Sehat Butuh Suplemen Vitamin?

Baby & Kids - 16 Jun 2017

Iklan komersial berlomba-lomba meyakinkan bahwa anak-anak membutuhkan asupan suplemen setiap harinya? Tapi benarkah?  Belum tentu begitu. Para ahli sepakat, idealnya anak-anak harus mendapatkan vitamin dari pola makan seimbang yang meliputi:  Susu dan produk susu seperti keju dan yogurt (sebaiknya produk rendah lemak untuk anak di atas usia 3 tahun), buah dan sayuran, protein (ayam, ikan, daging dan telur), serta biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah

Siap yang membutuhkan suplemen vitamin?  Mengingat orangtua mungkin tidak selalu bisa memasak dengan cara yang tepat, maka dokter mungkin merekomendasikan suplemen multivitamin atau mineral harian untuk:

• Anak-anak yang tidak mengonsumsi makanan seimbang yang dibuat dari bahan segar dan utuh.

•  Anak yang picky eater yang sama sekali tidak cukup makan.

• Anak-anak dengan kondisi medis kronis seperti asma atau masalah pencernaan. Jika mereka minum obat, konsultasikan pada dokter anak terlebih dulu sebelum Anda mulai memberikan suplemen.

• Anak-anak yang sering mengonsumsi makanan cepat saji dan dan makanan olahan.

• Anak-anak dengan pola makan vegetarian atau vegan (mereka mungkin memerlukan suplemen zat besi), diet bebas susu (mungkin memerlukan suplemen kalsium), atau diet terbatas lainnya.

• Anak-anak yang banyak minum soda berkarbonasi, yang bisa mengeluarkan vitamin dan mineral dari tubuh mereka

6 vitamin dan mineral terbaik untuk anak-anak

1. Vitamin A meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan normal, perbaikan jaringan dan tulang, untuk kesehatan kulit dan mata, serta kekebalan tubuh. Sumber vitamin yang  baik termasuk susu, keju, telur, dan sayuran kuning - oranye seperti wortel, ubi jalar, dan squash.

2. Vitamin B (B2, B3, B6 dan B12) membantu metabolism tubuh, produksi energi, dan sistem peredaran darah dan saraf yang sehat. Sumber yang baik meliputi daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju dan kedelai.

3. Vitamin C meningkatkan kesehatan kulit,  otot dan jaringan otot. Sumber yang baik termasuk buah jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan sayuran hijau seperti brokoli.

4. Vitamin D meningkatkan pembentukan tulang dan gigi, serta membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber yang baik termasuk susu dan ikan berlemak seperti salmon dan makarel. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari.

5. Kalsium membantu membangun tulang kuat di masa pertumbuhan anak. Sumber yang baik termasuk susu, keju, yogurt, kedelai dan jus jeruk yang diperkaya kalsium.

6. Zat besi membangun otot dan sangat penting untuk sel darah merah yang sehat. Sumber yang baik termasuk daging sapi dan daging merah lainnya, kalkun,  bayam, kacang-kacangan, dan plum. 

Penting:  Megavitamins  atau dosis vitamin yang besar  bukanlah ide bagus untuk anak-anak. Vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) bisa menjadi racun jika anak overdosis dalam jumlah berlebihan. (YU)

Foto: monicashealthmag.com