Family Guide Indonesia

Anak Anda Terlambat Bicara?

Baby & Kids - 16 Nov 2020

Menurut hasil penelitian tahun 2007, di tujuh rumah sakit pendidikan di Indonesia, gangguan bicara merupakan kasus gangguan tumbuh kembang anak yang paling sering muncul selain cerebral palsy, gangguan motorik, dan down syndrome. Padahal kemampuan bicara merupakan dasar terbentuknya kemampuan kognitif anak. Bagaimana cara mendeteksi kemampuan bicara anak?

1. Deteksi dini bisa dilakukan sejak anak berumur 5 bulan. Jika di usia itu anak belum bersuara, kemungkinan terdapat gangguan pendengaran, yang berujung pada gangguan berbicara pula.

2. Pada usia 2 tahun anak belum mampu bermain secara fungsional. Misalnya paham bahwa pensil untuk corat-coret, gelas untuk minum, atau sisir untuk menyisir rambut. Jika hal ini terjadi, berarti pemahaman diri anak terlambat.

3. Pada usia 3 tahun anak belum mampu bertanya, dan ketika usia 5 tahun belum bisa menceritakan kembali atau menjelaskan apa yang dialami.

Itulah sebabnya stimulasi pada anak sangat penting, untuk meningkatkan kemampuan bicara dan bahasanya. Selain mengajak anak berkomunikasi, orangtua sebaiknya memberikan anak berbagai pengalaman dalam hidup demi memperkaya khazanah kosakatanya. – (red)

foto: http://cdn.skim.gs