Ajari Bayi Makan Sayuran

Baby & Kids - 07 Apr 2019

Anak-anak bisa belajar menyukai sayuran jika sejak dini telah diperkenalkan secara reguler, demikian studi yang dilakukan Universitas Leeds. Bahkan anak yang termasuk rewel dalam hal makan, bisa makan lebih banyak sayuran hijau jika mereka diberikan sayuran itu 5-10 kali. 

Penelitian melibatkan 332 anak usia 4 – 38 bulan dari Inggris, Perancis, dan Denmark. Tiap anak diberikan sedikitnya 100 gram bubur artichoke dalam 3 varian (bubur murni, dengan tambahan pemanis, dan dengan tambahan minyak sayur). Hasilnya, 1 dari 5 anak menghabiskan bubur mereka, sedangkan 40% belajar menyukai artichoke. Anak-anak yang berusia lebih muda menghabiskan lebih banyak bubur daripada anak yang lebih besar. Ini terjadi karena setelah berusia 24 bulan anak-anak cenderung menolak sesuatu yang baru dan mulai menolak makanan. 

Studi itu juga membantah mitos populer bahwa rasa sayuran perlu ditutupi agar anak-anak mau memakannya. Para peneliti menemukan hanya sedikit perbedaan terkait porsi yang dikonsumsi antara anak-anak yang makan bubur murni dan bubur dengan pemanis. Hal ini menunjukkan, membuat rasa sayuran lebih manis tak mendorong anak-anak makan lebih banyak. (red)

foto: momjunction.com