Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Baby & Kids - 13 Apr 2019

Kebanyakan anak tidak mau tidur sendiri dikamarnya dengan alasan takut, namun sebaiknya kita harus mengajarkan mereka agar mandiri dengan tidur di tempat tidur mereka sendiri.

Pada umumnya sebagai orangtua kita tidak tega meninggalkan putra-putri kita tidur dikamarnya sendiri. Namun sebaiknya diusia tertentu mereka sudah bisa tidur sendiri. Memang kalau anak tidur besama orangtua, cenderung aman dan mimpi buruk tidak akan membuat mereka terganggu. Menurut penelitian, anak sudah bisa terpisah dari orangtuanya ketika tingginya sudah mencapai 87.5 cm dan biasanya ini untuk anak-anak sekitar umur 3 tahun. Namun bisa juga kita memulainya saat anak berusia 2 tahun, ketika ego mereka sudah berkembang. Saat itu ajari anak untuk mempunyai rasa memiliki dan diajarkan tentang ruang pribadinya.

Selain itu manfaat dari tidur terpisah dengan orangtua adalah melatih anak kemandirian, keberanian, dan melatih kepercayaan diri.  Untuk mengajarkan pada anak memang ini susah-susah gampang, karena anak harus menyesuaikan diri dahulu. Selanjutnya berikan penjelasan kenapa harus tidur terpisah. Jika anak-anak sudah mengerti apa alasannya, tentu anak akan menurutinya. Agar lebih menarik, sebelum tidur lakukan rutinitas seperi mengosok gigi, cuci kaki dan tangan. Selanjutnya kalau matanya belum lelah, bisa juga dibacakan dongeng atau bercerita tentang apapun yang disukai mereka. Ajak juga berdoa sebelum tidur, karena selain melatih keimanan mereka, ini juga menghindarkan mereka dari mimpi buruk.Untuk waktunya sendiri, Batita umur 1-3 tahun waktu tidur sebaiknya 12-14 jam, terbagi atas 11 jam tidur malam dan 2-3 jam tidur di siang hari. Untuk usia preschool 4-6 tahun, butuh waktu tidur 11-13 jam, yang dibagi 10-11 jam tidur malam dan 2 jam disiang hari. Sedangkan usia sekolah dasar 7-12 tahun waktu tidur 10-11 jam, terdiri dari 8-9 jam tidur malam dan 2 jam di siang hari. Yuk kita coba! (DL)

foto: netmums.com